Terekam CCTV, Pelaku Curanmor Paling Dicari Polisi Ditangkap

Polrestabes Surabaya saat merilis pelaku.
Polrestabes Surabaya saat merilis pelaku.

TUBANTIMES, SURABAYA – Unit Resmob Polrestabes Surabaya meringkus pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Pelakunya Khoirul Anam (23), warga Jalan Tambak Wedi Surabaya.

Dia ditangkap unit Resmob pada awal Februari ini tak jauh dari kediamannya. Dua rekannya yang kabur, yakni HR dan JN (DPO), masih dikejar.

Meski terbilang masih muda, pelaku ini adalah penjahat yang paling dicari oleh lolisi. Dalam catatan kepolisian, komplotan tersebut telah belasan kali melakukan pencurian kendaraan bermotor. 

Dalam setiap aksinya, Khoirul  menggunakan sepeda motor Honda Beat warna putih nopol L-6988-SX  untuk mencari sasaran.  HR sebagai joki. Setelah di TKP, ketika pelaku melihat ada sepeda motor yang diparkir di depan rumah kos, langsung dibawa kabur.

“HR yang eksekusi dengan merusak kunci pagar kos. Setelah itu, merusak kunci kontak dan kunci setir sepeda motor dengan kunci T,” ungkap  Khoirul.

Selanjutnya sepeda motor hasil curian tersebut dijual kepada JN (belum tertangkap) seharga Rp 3,000.000, setiap unit.

Kanit Resmob Satreskrim  Iptu Bima Sakti mengatakan, dalam interogrlasi, pelaku juga mengaku telah beberapa kali melakukan pencurian sepeda motor. Di antaranya di wilayah Sukolilo 8 kali dengan hasil Honda Beat, Vario dan Scoopy.

Kemudian di wilayah Mulyorejo sebanyak 4 kali dengan hasil Honda Beat, Vario. Di wilayah Gubeng sebanyak 3 kali dengan hasil Honda Beat, dan Vario. Di wilayah Tambaksari sebanyak 2 kali dengan hasil Honda Beat dan Vario. Di wilayah Kenjeran sebanyak 4 kali dengan hasil Honda Beat dan Vario. Di wilayah Simokerto sebanyak 2 kali dengan hasil Honda Vario.

“Terakhir, mereka beraksi di rumah kos Jalan Lebak Jaya 2A No.54 Surabaya. Uang hasil penjualan dibagi dua dan rata masing-masing pelaku,” kata Bima.

Bima menjelaskan tersangka Khoirul Anam mengakui hasil penjualan sepeda motor digunakan untuk berfoya-foya di kafe.

Pelaku ini diringkus berkat rekaman CCTV yang ada di rumah kos di Jalan Lebak Jaya Surabaya. Dari rekaman CCTV inilah. akhirnya tersangka berhasil diringkus. Akibat ulahnya,  tersangka akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

Barang bukti yang disita, 1 STNK sepeda motor Honda Beat putih nopol L-6988-ZX, 1 unit sepeda motor CBR Hitam Nopol L 6112 UB, 1 jaket abu-abu hitam dan rekaman CCTV.

 

Pewarta : M. Bahrul Marzuki
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Surabaya TIMES
Redaksi: redaksi[at]tubantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]tubantimes.com | marketing[at]tubantimes.com
Top