APK Masih Bertebaran di Masa Tenang, Bawaslu Blitar Minta Peserta Pemilu Pro-Aktif

Bawaslu Kab Blitar melepas APK yang masih terpasang di masa tenang.
Bawaslu Kab Blitar melepas APK yang masih terpasang di masa tenang.

TUBANTIMES, BLITAR – Alat peraga kampanye (APK) masih bertebaran pada masa tenang pemilu serentak 2019. Di Kabupaten Blitar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menertibkan APK berupa gambar caleg maupun atribut partai politik.

Pantauan BLITARTIMES, ada beberapa yang terpasang di papan reklame besar sehingga menyusahkan petugas untuk melepasnya. Anggota Bawaslu bahkan harus meminjam truk milik Dinas Lingkungan Hidup yang biasa digunakan untuk menebang pohon. 

"Mulai Minggu (14/4/2019) dini hari kami sudah patroli bersama unsur terkait. Dan dilanjutkan oleh Panwaslu Kecamatan. Jadi, selama masa tenang kami maksimalkan pembersihan APK dan pengawasan politik uang. Namun ada beberapa yang susah diturunkan karena posisinya cukup tinggi. Baru bisa kami lepas hari ini karena harus meminjam kendaraan DLH yang kemarin masih libur," terang Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Hakam Sholahudin, Senin (15/4/2019).

Dijelaskan Hakam, sejatinya pelepasan APK menjadj  tanggung jawab masing-masing peserta pemilu. Bahkan oada H-2 masa tenang pihaknya sudah melakukan koordinasi dan memberikan surat kepada masing-masing peserta pemilu untuk segera melepas APK. Namun hanya sebagian saja yang sudah menertibkan sendiri APKnya. Sehingga Bawaslu akhirnya turun tangan untuk menertibkan APK 
bersama panwascam dan satpol PP.

Bawaslu menargetkan APK yang tersebar di 22 kecamatan se-Kabupaten Blitar bersih sebelum pencoblosan berlangsung pada Rabu 17 April 2019. Ia juga mengimbau para peserta pemilu harus pro aktif turut membantu Bawaslu dalam menurunkan dan membersihkan APK di semua tempat yang mungkin belum terjangkau petugas. 

"Sampai hari H kami akan terus melakukan pembersihan APK. Namun kami juga kembali mengimbau agar para peserta pemilu yang belum melepas APKnya segera melepasnya. Utamanya di tempat-tempat yang belum terjangkau petugas," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Pemilu 2019 tinggal dua hari lagi dan masyarakat akan memilih calon presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]tubantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]tubantimes.com | marketing[at]tubantimes.com
Top