Pelaku Kloning Akun FB Bupati Lumajang Diketahui Berasal Dari Lampung

Inilah akun Facebook Bupati Lumajang yang dikloning orang tak dikenal (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Inilah akun Facebook Bupati Lumajang yang dikloning orang tak dikenal (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

TUBANTIMES, LUMAJANG – Pagi ini, Senin (15/4) akun Facebook Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq M.ML dikloning orang tak dikenal dan meminta sejumlah sumbangan melalui WhatsApp dan Messenger. Akun FB palsu tersebut sama persis dengan akun asli milik Bupati Lumajang termasuk foto profil dari akun orang nomer 1 di Lumajang tersebut.

Atas kejadian ini Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq kemudian mengunggah sebuah himbauan agar jika ada permintaan pertemenan atas nama dirinya, itu adalah akun palsu. Diketahui, selain mengkloning akun FB Bupati, akun palsu tersebut juga ada indikasi hendak melakukan penipuan yang hendak meminta sumbangan dan pinjam uang. 

“Ya tadi pagi saya diberi tahun teman-teman yang menerima messenger dari akun FB saya yang intinya meminta sumbangan pada nomor rekening tertentu. Kemudian saya meminta kepada Kapolres Lumajang untuk melacak akun palsu tersebut dan diketahui dikendalikan oleh orang tak dikenal dari Propinsi Lampung,” kata Bupati Lumajang ketika kami hubungi via ponselnya, malam ini.

Bupati berharap agar masyarakat Lumajang menolak permintaan pertemanan dari akun FB palsu tersebut dan tidak melayani permintaan dana atau bantuan apapun, karena jelas-jelas ini merupakan tindakan penipuan atas nama dirinya. Diketahui, sejumlah pesan lewat messenger meminta sumbangan untuk sebuah yayasan Yatim Piatu dan permintaan pinjam uang karena istri sedang menjalani operasi.

Akun FB Bupati Lumajang ini adalah akun lama, bahkan sudah ada sejak masih menjabat sebagai anggota DPRD Jatim atau sebelum dilantik menjadi Bupati Lumajang. Akun ini menjadi satu-satunya akun FB yang selama ini digunakan oleh Bupati, termasuk untuk berinteraksi dengan masyarakat Lumajang, sejak dilantik menjadi Bupati Lumajang September 2018 lalu.

Unggahan Bupati untuk tidak mengkonfirmasi pertemanan dengan akun palsu ini dilakukan karena akun palsu tersebut sama persis dengan akun aslinya. Pada sampul FB tersebut terpasang foto Bupati bersama Wakil Bupati Lumajang saat kampanye, sedangkan pada foto profil terpasang foto Bupati Lumajang mengenakan sarung bersama istri dan anak-anaknya.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Lumajang TIMES
Redaksi: redaksi[at]tubantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]tubantimes.com | marketing[at]tubantimes.com
Top