Pasien BPJS Siap-Siap Pindah Layanan Kesehatan dari RSUD Grati dan RSUD Moh Saleh

Pelayanan BPJS Kesehatan Pasuruan.
Pelayanan BPJS Kesehatan Pasuruan.

TUBANTIMES, PASURUAN – Ini kabar buruk bagi pasien yang selama ini memanfaatkan layanan kesehatan di RSUD Grati Kabupaten Pasuruan dan RSUD Moh. Saleh Kota Probolinggo. Masyarakat harus bersiap-siap pindah ke rumah sakit (RS) terdekat yang telah bermitra dengan BPJS Kesehatan.

Dua rumah sakit milik pemerintah terancam diputus kontrak dengan BPJS Kesehatan karena hingga saat ini belum terakreditasi. Pemutusan kontrak ini akan dilakukan jika kedua RS ini belum mengantongi rekomendasi dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Pasuruan Debbie Nianta Musigiasari mengatakan, dari 19 RS di Pasuruan dan Probolinggo yang bermitra dengan BPJS Kesehatan, tinggal dua RS yang belum terakreditasi. Sementara kerja sama dua RS pemerintah ini akan berakhir pada 30 Juni (RSUD Grati) dan 23 Mei (RSUD Moh. Saleh) mendatang.

“Jika sampai masa deadline habis dan kedua rumah sakit ini tidak bisa memberikan akreditasinya yang terbaru, maka kontrak kerja sama dengan BPJS akan diberhentikan sementara. Pasien BPJS akan dialihkan ke rumah sakit lainnya yang ada di dekat lokasi dua rumah sakit tersebut,” kata Debbie.

Pihaknya berharap, kedua RS pemerintah ini bisa menuntaskan akreditasi sebelum jangka waktu kerja sama dengan BPJS Kesehatan berakhir. Tim KARS yang akan melakukan visitasi terhadap dua RS tersebut bisa segera memberikan rekomendasi akreditasi.

“Visitasi KARS sudah dijadwalkan pada 20-23 Mei di RSUD Moh. Soleh dan 27-29 Juni di RSUD Grati. Kami berharap rekomendasi akreditasi bisa diberikan sebelum kerja sama dengan BPJS berakhir,” jelasnya.

Dikatakan, sesuai regulasi yang berlaku, akreditasi menjadi salah satu syarat wajib untuk memastikan peserta JKN-KIS memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“Akreditasi merupakan bentuk perlindungan pemerintah dalam memenuhi hak setiap warga negara agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan bermutu oleh fasilitas pelayanan kesehatan. Akreditasi ini tidak hanya melindungi masyarakat, tapi juga melindungi tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit itu sendiri,” kata dia.

 

Pewarta : Arisandi Pasuruantimes
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Pasuruan TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]tubantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]tubantimes.com | marketing[at]tubantimes.com
Top