Sejumlah Siaran Televisi Nasional Masih Belum Bisa Diakses, Balmon Belum Bisa Pastikan Izin Penyiarannya Kembali

Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

TUBANTIMES, MALANG – Menghilangnya beberapa siaran televisi nasional seperti GTV, TRANS TV, TRANS7, METRO, TV ONE di wilayah regional termasuk Kota Malang sejak beberapa waktu yang lalu masih belum bisa diakses hingga saat ini.

Mandeknya siaran televisi tersebut dikarenakan adanya penertiban frekuensi dari Balai Monitoring (Balmon) Kelas I Surabaya. Bahkan hingga kini pihaknya belum bisa memastikan kapan akan memberikan izin penyiaran kembali terhadap beberapa stasiun televisi tersebut.

Sany Eka, salah satu perantau asal Sidoarjo mengungkapkan rasa kekesalannya terkait belum bisa diaksesnya sejumlah siaran televisi. Apalagi sebagai perantau, televisi merupakan hiburan baginya dalam mengisi kelelahan seusai bekerja.

"Tv kan sebagai sarana informasi dan hiburan juga, baik pagi, siang dan malam. Aku berasa kehilangan hiburan, jadinya beralih ke youtube buat streaming. Pliss, kembalikan film spongebob ku," ungkapnya.

Sementara, Kasi Pentib Balmon Kelas I Surabaya Fathorohman menyatakan jika izin penyiaran akan diberikan ketika sejumlah stasiun televisi dapat menunjukkan legalitas Izin Stasiun Radio (ISR).

"Kalau mereka ndak bisa menunjukkan itu (ISR) otomatis belum diperkenankan lagi melakukan penyiaran kembali. Itu semua tergantung rekan - rekan Tv," ujarnya.

Ia menjelaskan jika sebelumnya pihak Balmon juga telah memberikan peringatan untuk legalitas yang dimiliki oleh beberapa stasiun televisi tersebut. Selain itu, upaya pendekatan juga telah dilakukan untuk mengklarifikasi legalitas ISR nya.

Tapi untuk saat ini pihaknya terus melakukan pengawasan terkait penggunaan frekuensi dari masing - masing stasiun televisi tersebut.

"Untuk saat ini kita hanya mengawasi terhadap penggunaan frekuensinya yang itu wajib memiliki ISR," pungkas dia.

Pewarta : Arifina Cahyati Firdausi
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]tubantimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]tubantimes.com | marketing[at]tubantimes.com
Top