Sekda Kabupaten Kediri Dede Sujana saat membuka acara kenduri ikan. (eko Arif s /JatimTimes)
Sekda Kabupaten Kediri Dede Sujana saat membuka acara kenduri ikan. (eko Arif s /JatimTimes)

 Memperingati Hari Ikan Nasional (Harkanas) Pemkab Kediri melalui Dinas Perikanan, menggelar Kenduri Ikan yang digelar di halaman Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Rabu (20/11/19).

Diadakannya kenduri ikan untuk menganjurkan masyarakat melakukan penganekaragaman produk olahan ikan, demi meningkatkan minat masyarakat untuk mengonsumsi ikan.

Menurut Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Nurhafid mengatakan dalam peringatan Hari Ikan Nasional yang jatuh pada 21 November 2019 digelar dengan berbagai cara, misalnya dengan bazar produk perikanan, tasyakuran, bagi-bagi ikan cupang dan ikan komet.

"Kegiatan ini sebagai sarana mengajak masyarakat untuk terus gemar makan ikan, mengingat ikan kaya protein dan vitamin yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas SDM,"kata dia.

Menurutnya, untuk kenalkan bahwa kami bantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas SDM dan kedua untuk membantu mengatasi maupun mencegah stunting (kekerdilan)," kata dia.

Pihaknya berharap pada 2020 produksi ikan di Kabupaten Kediri bisa menjadi lebih baik lagi. Produksi ikan tidak hanya untuk konsumsi tapi ke depan juga untuk memaksimalkan energi positif dan skil, teknologi, dan jejaring untuk pengembangannya. 

Sementara itu, di tempat yang sama Sekda Kabupaten Kediri Dede Sujana mengatakan, peringatan Hari Ikan Nasional ini tema yang diambil adalah konsumsi ikan meningkatkan daya saing bangsa. Salah satu strateginya dengan melakukan diversifikasi produk olahan ikan

"Berbagai upaya diversifikasi produk olahan ikan bisa dibuat, seperti ekstrak ikan yang bisa dijadikan minuman dawet sehingga anak-anak tertarik untuk mengonsumsinya," kata Sekda.

Selain itu, juga terdapat ekstrak ikan gabus, di mana ikan ini dikenal mengandung albumin tinggi yang bisa diolah dan dikemas menjadi kapsul sehingga mudah untuk dikonsumsi. Selain itu, juga terdapat tulang maupun telur ikan yang ternyata bisa diolah menjadi cemilan yang enak.

Menurut Sekda, potensi sumberdaya perikanan di Kabupaten Kediri cukup tinggi. Dari pembenihan sebesar 18,576 miliar ekor, pembesaran ikan hingga lebih dari 18 juta kilogram. Untuk ikan hias juga cukup banyak hingga 297 juta ekor.

"Capaian itu berdampak pada kontribusi sektor perikanan terhadap PDRB Kabupaten Kediri sekitar 3 persen atau senilai Rp467.431,9 miliar," kata dia.

Pihaknya juga menambahkan Pemkab Kediri melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan produksi ikan. Dengan itu, diharapkan produksi ikan di Kabupaten Kediri ini termasuk pemasarannya juga bisa bergerak.

"Karena konsumsi itu akan mempengaruhi juga terkait bagaimana peternak untuk meningkatkan konsumsi. Intinya, kalau misalnya ada permasalahan konsumsi ikan besar, produksi juga terdorong untuk meningkat," kata dia.

Pemkab juga tidak segan terus memberikan pendampingan termasuk bantuan benih. Pemerintah juga memberikan fasilitasi agar akses pasar terbuka lebar.